Sedekah Camp merupakan kegiatan untuk membentuk karakter kemandirian anak-anak yatim dhu’afa. Karakter kemandirian yang dimaksud ialah leadhership, manajemen diri, dan sikap dasar muslim lainnya. Dengan mengikuti Sedekah Camp diharapkan akan lahir calon-calon pemimpin masa depan. Supercamp ini diikuti oleh anak yatim dhu’afa tingkat SMP – SMA dan diselenggarakan saat liburan sekolah. Program ini diikuti lebih dari 1000 anak tiap tahun .

LANDASAN PEMIKIRAN

Islam menempatkan kedudukan anak yatim pada posisi yang istimewa. Agama-Nya juga mengatur dengan baik segala yang berhubungan dengan anak yatim, serta mengecam keras bagi –orang-orang yang menyentuh harta anak yatim dan mengimbau untuk menyantuni anak yatim.

Seluruh umat Islam diwajibkan untuk menyantuni anak yatim yang miskin. Bahkan, anak yatim mendapat bagian, baik dari fai’, yakni harta musuh yang diambil tanpa perang terlebih dahulu, maupun dari ghanimah, yakni harta rampasan perang juga bagian dari infak dan sedekah. Selain itu, pemeliharaan dan pembinaan anak yatim tak terbatas pada hal-hal yang bersifat fisik, seperti harta, tetapi secara umum juga mencakup hal-hal yang bersifat psikis. Dalam surah ad-Duha ayat 9, Allah SWT berfirman: “Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang”.

Dalam Rangka Mengisi Liburan Sekolah  dan sebagai bentuk rasa syukur atas segala karunia Allah SWT maka kami dari Pengurus Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, berencana mengadakan kegiatan Wisata Sedekah Bersama Anak-anak Yatim dan Dhu’afa dengan tujuan untuk berbagi, peduli dan memberikan kebahagiaan kepada para anak-anak yatim dan dhu’afa.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Mengisi Liburan sekolah dengan hal positif
  2. Menanamkan nilai-nilai Iman dan Taqwa kepada Allah SWT sebagai landasan pacu menuju akhlak yang terpuji, dalam rangka menghadapi era globalisasi
  3. Memperkuat Ukhuwah Islamiyah sebagai jalinan silaturahmi antar Pengurus dan Relawan Yayasan
  4. Membahagiakan Anak anak Yatim & Dhuafa
  5. Memberikan Motivasi Kepada Anak-Anak Yatim & Dhu’afa
  6. Mengajarkan kemandirian Kepada Anak-Anak Yatim & Dhu’afa

Bentuk Kegiatan

  1. Outbound Games
  2. Berenang
  3. Ceramah / Motivasi
  4. Santunan